Publikan

0.00 Avg rating0 Votes
Series:Volume 8
Publisher:Universitas Negeri Makassar
Genres:Jurnal Nasional
Authors:, ,
Pages:8 pages
Binding: Hardcover
ISSN:0025486721
Pendampingan Aplikasi Chem Draw Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menerapkan Bahan Ajar Student Centered Berbasis Informatika

                                                                  ABSTRAK
Kualitas karakter, kompetensi dan literasi dasar sehingga peserta didik cakap dalam memecahkan masalah, berpikir kritis, kolaborasi, dan berkomunikasi merupakan kecakapan yang dibutuhkan di abad 21. Studi ini bertujuan mengetahui hasil dari pelaksanaan pelatihan yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas karakter, kompetensi dan literasi dasar profesionalisme guru di abad 21.
Pelatihan tersebut ialah pendampingan peningkatan kemampuan guru dalam menerapkan bahan ajar
Student Centered berbasis informatika melalui aplikasi Chem Draw. Pelatihan ditujukan ke guru MI dan SMP di Depok sebanyak lebih kurang 30 peserta. Dari pelaksanaan kegiatan pelatihan telah diperoleh data kemampuan guru dalam menerapkan bahan ajar Student Centered berbasis informatika melalui penggunaan aplikasi Chem Draw. Sebanyak 63,34% peserta mendapatkan nilai di bawah 60, sedangkan yang mendapatkan nilai di atas 60 hanyalah sebanyak 36,66%. Peserta yang mendapatkan nilai di atas 60 semuanya dari guru MI. Guru MI yang mendapatkan nilai di atas 60 lebih banyak dari guru kelas, dimana guru kelas adalah guru yang mengampu hampir semua mata pelajaran di kelas. Berdasarkan hasil pengisian angket tampak jelas bahwa rata-rata seluruh persentase tanggapan positif lebih besar dari 70% dari jumlah total guru MI dan SMP. Dari uraian hasil dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan yang telah dilaksanakan berhasil memenuhi tujuannya.


Reviews

Required fields are marked *. Your email address will not be published.